Monday, November 28, 2016

Usai Salat Jumat 2 Desember, GNPF MUI Janji Pulangkan Pendemo dengan Tertib


Foto: Bartanius Dony

Jakarta - Selepas salat Jumat 2 Desember, pimpinan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) akan menyapa umat Islam di sepanjang jalan di sekitaran Monas. Mereka akan diimbau pulang ke daerahnya dengan tertib.

"Usai salat Jumat, pimpinan GNPF tidak bisa tinggalkan umat di sana (Monas). Pimpinan GNPF akan menyapa umat sekaligus melepas mereka pulang dengan tertib ke daeragnya. Mana yang pulang ke utara, aelatan, timur dan barat akan ada pimpinan GNPF yang menyapa, meyalami dan menjelaskan agar pulang dengan tertib," kata Ketua Pembina GNPF MUI, Habib Rizieq, dalam acara konferensi pers bersama di kantor MUI, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2016).

Menurut dia, kegiatan yang akan digelar super damai itu hanya berlangsung hingga siang hari. "Ini perlu waktu (pemimpin GNPF menyapa umat Islam). Itu cukup sampai Jumat saja karena kalau sampai asar membuat sulit (pemulangan) akan akan datang gelap," ujar Habib Rizieq.

Kesepakatan pemindahan lokasi aksi damai ke Monas sudah dikomunikasikan Kapolri dengan GNPF MUI. Mulanya GNPF MUI berencana melakukan aksi termasuk salat Jumat di Jl Jenderal Sudirman-MH Thamrin.

Tito menegaskan adanya aturan mengenai unjuk rasa yang dilarang mengganggu ketertiban umum dan hak asasi orang lain. Karena itu aksi damai akhirnya diputuskan digelar di Monas.

"Akhirnya kita mencapai kesepakatan dilaksanakan di Monas dari jam 8 sampai jam 1 dalam bentuk kegiatan suci, kegiatan keagamaan, zikir, tausiyah dan diakhiri salat bersama. Ini tidak melanggar hukum. Saya yakini dengan kehadiran saudara-saudara kita melaksanakan kegiatan tersebut didengar banyak pihak tentang apa yang ingin disampaikan," tutur Tito. (aan/fdn)

Sumber

Share this

0 Comment to "Usai Salat Jumat 2 Desember, GNPF MUI Janji Pulangkan Pendemo dengan Tertib"

Post a Comment

Jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)