Tuesday, December 13, 2016

Sidang Pertama Ahok “Kasus Penistaan Agama”


Sumber Foto

Sidang perdana Gubernur non aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Ahok dijadikan tersangka atas dugaan penistaan agama terhadap pemakaian Surah Al-maidah ayat 51.

Namun pada sidang pertama ahok menyampaikan pembelaan bahwa apa yang disampaikan dikepulauan seribu bukan penistaan agama.

Ahok menceritakan biografi masa kecil hingga sekarang, bahwa ahok tumbuh besar diantara orang muslim dan sangat menghargai orang muslim.

Ahok tumbuh besar di asuh oleh 2 orang keluarga. Keluarga ahok adalah dari keturunan cina asli. Sedangkan keluarga angkat ahok adalah seorang pasangan muslim Andi Baso Amir mantan bupati Bone tahun 1967-1970.

Ayah Ahok dan Andi Baso Amir mereka bersahabat dan memutuskan menjadi saudara. Andi Baso Amir adalah muslim yang sangat taat agama.

Suara ahok terlihat sedih. Dia sejenak menghentikan pembacaan nota keberatannya. Sehelai tisu dia keluarkan untuk mengusap kedua mata dan air mata dipipinya.

“Saya tidak habis pikir saya dituduh menista agama dan kitab suci orangtua angkat saya yang islamnya sangat taat.”kata Ahok.

Ahok menjelaskan didalam persidangan. Dalam kunjungannya dikepulauan seribu ahok berpidato menggunakan Surah Al-maidah ayat 51 tidak ada sedikitpun unsur ingin menistakan agama. Tapi ahok menggunakan Surah Al-maidah ayat 51 ingin menjelaskan bahwa ada sebagian orang yang berkampanye memilih pemimpin jangan dari agama selain islam. Surah Al-Maidah ayat 51 tersebut digunakan berkampanye orang untuk tidak memilih dirinya “Ahok”. Tapi Ahok tidak memaksa masyarakat kepulauan seribu untuk memilih dirinya.

Namun video rekaman tersebut diedit menghilangkan sebagian kata dan disebarkan dimedia sosial. Sebagian umat islam menilai ahok telah menistakan ayat suci Al-Qur’an.

Persidangan kedua akan dilanjutkan pada selasa (20/12),pekan depan. Dalam sidang tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan menyampaikan tanggapan keberatan penasehat hukum ahok. (LM)
Yuk di Share

Sumber | Republished By Liputan Menara

Share this

0 Comment to "Sidang Pertama Ahok “Kasus Penistaan Agama”"

Post a Comment

Jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)