Friday, December 2, 2016

Latar Belakang Lahirnya Ilmu Tauhid


Sumber foto 

Tauhid adalah ilmu yang membahas tentang meng-Esakan Tuhan. Tauhid telah ada sejak zaman Nabi Adam A.s. Tauhid tidak hanya di agama islam, melainkan di agama lain juga ada (Umat Nabi Isa.A.s, Umat Nabi Musa.A.s, dan Umat Nabi Daud.A.s). Tapi Tauhid di agama lain telah di salah gunakan sebagian orang sehingga melenceng dari ajaran-Nya.

          . Latar Belakang Lahirnya Ilmu Tauhid

1.       Internal
a.       Al-Qur’an
Membawa ajaran meng-Esakan Allah dan membenarkan keutusan Nabi Muhammad SAW, di bagian-bagian lain yang berhubungan dengan bidang akidah.
b.      Kaum Muslimin
Datanglah persoalan agama yang dipicu karena semakin banyaknya orang-orang non muslim yang masuk islam. Timbullah perbedaan dan perselisihan paham diantara mereka.
c.       Politik
Ketika Nabi Muhammad SAW wafat tidak ada ketentuan khusus untuk menetapkan siapa yang akan menggantikannya sebagai “Kepala Negara”. Persoalan ini mengakibatkan perdebatan yang sangat tajam, perpecahan serta perperangan politik  yang tercatat dalam sejarah islam.
Terbunuhnya utsman bin affan telah menjadi malapetaka besar atas umat islam. Sebab sejak itu umat islam mulai terpecah secara politis menjadi beberapa sekte. Perselisihan dan perpecahan yang bermula pada masalah politik segera merambat ke bidang akidah.
2.       Eksternal
a)      Kepercayaan non Muslim
Meluasnya daerah kekuasaan islam ini diikuti pula oleh banyaknya orang-orang non muslim yang masuk islam. Tidak semua orang yang masuk islam itu dengan keikhlasan hati, tetapi diantaranya mungkin ada yang karena terpaksa ataupun karena motif-motif lain. Hal ini terbukti misalnya, setelah Rosulullah SAW wafat dan abu bakar baru saja di bai’at muncullah orang-orang yang murtad dari islam, ada yang mengaku sebagai nabi.
b)      Filsafat
Perkembangan islam pengetahuan yang semakin maju mendorong dalam usaha penerjemahan buku-buku filsafat ke dalam bahasa arab. Dalam usaha penerjemahan itulah diantaranya ada yang memasukan dan menyebarkan faham-faham filsafat mereka ke dalam agama islam. Orang-orang yahudi dan kristen berusaha menyerang islam dengan senjata filsafat , bersaman dengan itu kaum muslimin terdorong untuk  mempelajari dan mempergunakan filsafat didalam usaha mempertahankan islam, khususnya bidang akidah.

Filsafat sebagai salah satu faktor yang turut melahirkan ilmu kalam, sekaligus juga membentuk , memberi corak dan mewarnainya. Sebab didalam ilmu kalam itu, Islam adalah sendinya, dengan Al-Qur’an sebagai dalil Naqli yang pokok dari pada dalil Aqli.


Sumber | Liputan Menara

Share this

0 Comment to "Latar Belakang Lahirnya Ilmu Tauhid"

Post a Comment

Jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)