Friday, December 9, 2016

Jangan Tinggalkan Shalat Jum'at

Sumber Foto

Sholat Jum’at adalah aktivitas ibadah sholat wajib 2 rakaat yang dilaksanakan secara berjamaah bagi kaum lelaki muslim setiap hari Jum’at yang menggantikan sholat dhuhur.

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui” (Al Jumu’ah 62:9)

“Jumatan adalah hak yang wajib atas setiap muslim dengan berjamaah, selain atas empat (golongan) yakni budak, wanita, anak kecil atau orang yang sakit” (HR.Abu Dawud)

Ulama Syafi’iyah dan Hambali “Sholat Jum’at bisa sah dilaksanakan disuatu desa apabila ada masjid dan jumlah makmum 40 orang atau lebih dengan imamnya adalah penduduk setempat yang baligh, berakal, merdeka, laki-laki.”

Sholat jum’at hukumnya wajib bagi laki-laki adalah fardhu ‘ain. Sedangkan bagi wanita tidak diwajibkan namun tetap harus melaksanakan sholat dhuhur.

Maka bagi yang diwajibkan sholat jumat sebagaimana di atas namun tidak mengerjakan dengan uzur syar’i, hukum meninggalkan sholat jumat adalah haram.

“Barang siapa yang meninggalkan shalat jum’at 3 (tiga) kali tanpa sebab maka Allah akan mengunci mata hatinya.” (HR.Malik)

Hadist lain yaitu :

“Barang siapa yang tidak mengerjakan Sholat jum’at tiga kali karena meremehkanya maka Allah akan mengunci mata hatinya.” (H.R At Tirmidzi)

Keutamaan dan kemuliaan hari jum’at diantaranya hadist yang diriwayatkan oleh imam Muslim dari Abu hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“ Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam surga dan hari ia dikeluarkan dari surga. Dan hari Kimat tidak akan terjadi kecuali pada hari jum’at.”

Pada hari jum’at juga diyakini sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa dan dosa-dosa diampuni hingga hari jum’at berikutnya bila kita bertaubat dan memperbanyak membaca istighfar. Sehingga hikmah sholat Jum’at sangat besar sekali.

Ayo pada melengkapi sholat kalian yang masih bolong-bolong. Sholat wajib 5 waktu sebentar kok, dari pada tidak sholat hukumannya neraka sangat lama. (LM)
Yuk di Share

Sumber | Republished By Liputan Menara

Share this

0 Comment to "Jangan Tinggalkan Shalat Jum'at"

Post a Comment

Jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)